Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibu Menyeret Anak dengan Sepeda Motor, karena Depresi?

  Kasus ibu menyeret anaknya menggunakan sepeda motor dihentikan proses hukumnya. Hal itu karena sang ibu Ignatia Santi Kusuma Sari (Santi) menderita kelainan jiwa.



Peristiwa itu memang menghebohkan. Diawali dari unggahan video yang dicuplik dari rekaman CCTV. Dalam video itu terlihat Santi menyeret Fransiska Redela Kusuma Wijanarka (Dela), di Dukuh Balong, Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Klaten.

Menurut Embun, anak sulung Santi, sebelum peristiwa itu terjadi ibunya memang sering bertingkah aneh. Selain tidur dan beli makanan, Santi sering terlihat murung.

"Tapi saya lebih sering memergoki ketika sedang melamun. Kadangkala kelihatan sedih, kadangkala senyum-senyum. Entahlah apa yang dilamunkan," kata Brigita Embun Kusuma Ayu Wijanarka, Minggu (11/2/2018).

Santi juga sering marah-marah dan mengomeli anak-anaknya. Apapun yang dilakukan sang anak, ada saja yang menjadi bahan omelan.

"Kadang-kadang kalau bapak di rumah, sering berantem," kata Embun.

Sang suami, Didik Wijanarka, bekerja sebagai penambang pasir di daerah Magelang. Ia tak selalu di rumah dan hanya pulang setiap pekan. Bukan hanya berantem dengan suaminya, Santi juga sering bertengkar dengan saudara-saudaranya.

"Penganiayaan kepada anaknya itu biasa," kata salah satu tetangganya.

Di lingkungannya, Santi dikenal tidak cocok dengan mertuanya. Semua kebutuhan Santi sudah dipenuhi sang mertua, bahkan semua pekerjaan rumah, termasuk mencuci pakaian dalam Santi.

"Dulu pernah minggat ke Semarang selama 9 bulan. Itu sebelum ada anak yang diseret. Dia kabur bersama laki-laki lain. Ketika kecelakaan dan bangkrut, ia pulang karena laki-laki yang mengajaknya kabur tak mengurusi," kata tetangga tadi.

Pulang ke Bayat, Santi tetap diterima dengan baik. Bahkan keluarga yang tinggal bersamanya juga tetap melayani sebagaimana biasanya. Hingga kini, tak ada yang tahu apa yang menyebabkan Santi Depresi. Depresi itu berpuncak saat ia menyeret anaknya dengan sepeda motor.