Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemensos Evakuasi Ibu Melahirkan di Gang Sempit yang Kisahnya Viral

 Cerita keluarga Joni-Isa yang tinggal di gang sempit dan kumuh di Tambora, Jakarta Barat mendapat perhatian dari Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Khofifah meminta pihaknya untuk mengevakuasi keluarga tersebut ke Safe House pada hari ini.


"Saya sudah koordinasikan dengan direkrorat terkait. Hari ini mereka dievakuasi," ujar Khofifah dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (15/6/2017).


Dijelaskan Khofifah, permasalahan yang dihadapi keluarga Joni dan Isa bukan hanya soal kemiskinan. Istri Joni, Isa, mengalami keterbelakangan mental. Selain itu ia juga mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh Joni.
Permasalahan lainnya yang dialami oleh keluarga ini juga kompleks mulai dari kecanduan judi hingga dampak psikologis bagi anak-anak mereka. Setelah dipindahkan ke Safe House, Khofifah berharap permasalahan tersebut dapat diambil langkah solusinya.

Sementara itu, untuk Isa, nantinya ia akan dirujuk ke Panti Rehabilitasii Mental untuk mendapatkan perawatan intensif.

"Setelah dievakuasi, selanjutnya dilakukan asesmen guna menentukan langkah penanganan selanjutnya," ujar Khofifah.

Sebelumnya ramai di Instagram kisah keluarga Joni dan Isa yang tinggal di gang kecil dan kumuh. Keluarga tersebut hanya tinggal di gang beralaskan kardus dan triplek bekas. Satu hal yang turut menjadi perhatian saat Isa harus melahirkan di gang sempit tersebut dan beralaskan kardus