Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Innalillahi Wa Inna Illaihi Rojiun, Truk Tangki BBM Meledak di Depan Supermarket, 99 Orang Tewas Terbakar

 


Kebakaran hebat terjadi pascatruk tangki BBM meledak dan terbakar di depan sebuah supermarket. (FOTO: ISTIMEWA/TWITTER)

Truk tangki bahan bakar minyak (BBM) meledak dan terbakar hebat di depan sebuah supermarket ramai pengunjung. Akibat ledakan itu, sebanyak 99 orang tewas terbakar dan lebih dari 100 lainnya terluka.

Peristiwa tragis ini terjadi di ibu kota Sierra Leone, Freetown pada Jumat (10/6/2021)  sekitar pukul 22.00 waktu setempat. Truk tangki BBM tiba-tiba meledak dahsyat lalu terbakar saat berada di persimpangan jalan yang ramai di depan Supermarket Choithram. 

Dua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU)  tak jauh dari lokasi ikut terbakar dampak dari ledakan tersebut. Bahan bakar yang tumpah ke jalanan juga menyulut api sehingga ikut membakar kendaraan di sekitarnya.

Kantor berita Inggris, Reuters melaporkan, bahan bakar tampak masih keluar dari truk tangki pada Sabtu (6/11/2021) pagi. Petugas kepolisian dan tentara Siear Leon tampak berusaha mensterilkan lokasi dari kerumunan besar penonton dari jalan.

Jasad korban terbakar, beberapa mobil, dan sepeda motor menghitam memenuhi jalan di pinggiran timur Freetown, Wellington. Petaka itu membuat kawasan tersebut mencekam.

"Para korban terluka dirawat di rumah sakit dan klinik yang tersebar di seluruh ibu kota," kata Wakil menteri kesehatan Amara Jambai.

Sementara itu, Wali Kota Freetow Yvonne Aki-Sawyerr mengatakan, para korban tewas dan terluka itu merupakan mereka yang nekat mengumpulkan bahan bakar bocor dari truk tangki yang pecah. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Brima Bureh Sesay dalam sebuah video dari lokasi kejadian melaporkan ada banyak sekali korban termasuk mayat terbakar. "Ini kecelakaan yang mengerikan," kata BBrima Bureh Sesay. 

Dalam Video yang tersebar secara online tak lama setelah ledakan menunjukkan orang-orang berlarian melalui asap tebal saat api besar menerangi langit malam. Namun, Reuters belum dapat segera memverifikasi gambar tersebut.